NGx4MaBdNGt5MGNaLGp8LWp8NSMkyCYhADAsx6J=

5 Cara Mudah Mengoptimalkan Windows 10

NAMORZ - Windows 10 merupakan salah satu OS (Operating System) yang paling banyak digunakan saat ini karena bisa dibilang, Windows 10 adalah OS sudah stabil dan mudah digunakan untuk pemula ataupun expert. Windows 10 juga rajin mendapatkan update demi pengoptimalannya, namun karena Update itu juga terkadang membuat Windows 10 yang sobat gunakan menjadi agak lambat, bisa karena faktor banyaknya services yang berjalan karena update tersebut, atau karena faktor lainnya. Karena hal ini juga, ada beberapa orang yang rasanya "enggan" untuk upgrade ke Windows 10, padahal semua masalah itu bisa sangat mudah diatasi loh Sob! Dan kali ini Admin akan berikan 5 Cara Mudah yang bisa sobat lakukan untuk mengoptimalkan atau membuat Windows 10 sobat yang berat menjadi ringan kembali.

1. Cek Secara Teratur Kondisi PC dari Junk dan Virus

Windows Defender
MalwareBytes

Virus dan Junk merupakan salah satu kendala utama di bahkan hampir semua OS, karena 2 hal tersebut bisa menyebabkan kerusakan atau masalah pada system, yang bisa menyebabkan lambatnya kinerja PC. Dan salah satu yang Admin suka dari Windows 10 adalah Windows Defendernya yang secara default memiliki kemampuan mendeteksi dari ancaman berbahaya yang dapat mengganggu kinerja Windows 10 itu sendiri. Namun, alangkah baiknya install juga beberapa Software Proteksi yang memiliki proteksi dan fitur lebih, seperti MalwareBytes untuk mendeteksi Virus (Malware, Adware, dll.), CCleaner (Untuk membersihkan Junk), dan lain sebagainya.

2. Disable Service yang Tidak Diperlukan

Beberapa service bawaan Windows 10 memang sejatinya bertujuan untuk mengoptimalkan, akan tetapi ada beberapa Service yang terkadang malah menjadi boomerang ketika Windows 10 menghadapi beberapa kondisi tertentu, beberapa service yang Admin sarankan untuk di disable adalah Superfetch dan Windows Update. Untuk Windows Update ini sendiri tergantung kondisi ya sob! jika sobat adalah user fakir kuota, maka sebaiknya sobat ganti service Windows Update ke Disabled atau Manual sob.

Cara masuk ke servicesnya, Start > services.msc > Cari service yang mau di eksekusi.


3. Disable Startup yang Tidak Diperlukan
Beberapa Software terkadang membutuhkan startup agar bisa berjalan secara otomatis, namun jika sobat rasa ada software yang bisa dijalankan secara manual, maka sobat bisa disable saja startupnya.

Cara masuk ke startup, Start > Task Manager > Startup > Pilih software yang mau di disable startupnya.


4. Cek Kondisi PC dengan Task Manager
Kegunaan Task Manager juga salah satunya untuk menampilkan kondisi terkini dari PC kita, bisa tentang CPU, Memory, Network, dan Disk. Jika dalam keadaan tertentu PC sobat terasa Lag, coba sobat cek keadaan Disk sobat, apakah dalam keadaan High Load? jika iya, perhatikan Software apa yang membuat itu terjadi, sesegera mungkin sobat bisa cari solusinya dengan uninstall dan sebagainya.

5. Ganti HDD ke SSD
Solusi yang terakhir ini menurut Admin adalah yang paling Ampuh, kenapa? soalnya Admin sendiri yang sudah merasakan perubahannya yang sangat signifikan. Sedikit cerita nih sob, kebanyakan Laptop/PC yang kita beli dari Pabrik hanya di tenagai kecepatan baca dan tulis sebesar 5400rpm, dimana kecepatan itu tidak bisa bekerja secara optimal jika diinstall dengan Windows 10, oleh karena itu solusinya sobat bisa ganti ke HDD dengan 7200rpm atau SSD sekalian sob biar gak nanggung.

SSD M2
SSD

Itu dia sob, 5 Cara Mudah untuk Mengoptimalkan Windows 10, share ke kawan-kawan sobat jika berkenan dan stay tune terus di Namorz untuk dapet Tips dan Trik menarik lainnya seputar dunia IT, Sekian, Terima kasih sudah berkunjung dan Semoga Bermanfaat ya sob!.
Share This Article :
Admin Namorz

Namorz merupakan Website yang membahas trik-trik seputar Internet dan IT

1797601885339958950