-->
NGx4MaBdNGt5MGNaLGp8LWp8NSMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

Konfigurasi WEP dan WPA di MikroTik | Wireless Security and Encryption

NAMORZ - Oke, yang selanjutnya ini merupakan lanjutan dari postingan Admin sebelumnya yaitu Mac Address Filtering di MikroTik.Sekarang kita akan mencoba untuk konfigurasi WEP dan WPA yang merupakan basis security untuk wireless di router MikroTik.Beberapa point dan topologi yang perlu diperhatikan pada Wireless Security dan Encryption ini adalah sebagai berikut :

Karena sifat dari wireless yang “open access” maka sebuah access point akan rentan terhadap serangan dari pihak yang tidak bertanggung jawab.

• Sudah saatnya untuk mengimplementasikan Wireless Security untuk menjaga AP tersebut dari berbagai serangan.
• Untuk pengamanan koneksi wireless, tidak hanya cukup dengan
MAC-Filtering, karena data yang lewat ke jaringan bisa diambil dan dianalisa.
• Terdapat metode keamanan lain yang dapat digunakan yaitu: 
– Authentication (WPA-PSK, WPA-AEP) 
– Enkripsi (AES, TKIP, WEP) 
– Tunnel

WEP
WEP (Wired Equivalent Privacy) merupakan tipe wireless security yang pertama kali muncul dan masih sangat sederhana, oleh karena itu jenis ini tidak di rekomendasikan untuk security karena tidak aman dan bisa di hack.
• Tidak mempunyai authenticate method
• Not recommended as it is vulnerable to wireless
hacking tools

Untuk konfigurasinya, pertama masuk ke Wireless > Security Profile.Klik Add, kemudian isi Name sesuai kebutuhan, disini saya beri nama WEP dan Mode nya Static Keys Optional saja.


Masuk ke menu Static Keys, di Key 0 pilih 40bit wep dan key nya diisi dengan full angka semua.

Kemudian, pada router AP kita masuk ke Interface wlan1 dan ubah security profile yang sudah kita buat tadi.Jangan lupa aktifkan juga Default Authentication supaya client bisa saling ping.

Jangan lupa lakukan hal yang sama yaitu buat security profile juga di Router Station, kemudian koneksikan ke SSID Router AP.



WPA
Metode pengamanan dengan WPA ini diciptakan untuk melengkapi dari sistem yamg sebelumnya, yaitu WEP.WPA ini lebih secure dibanding WPA karena yaa, sudah pasti pengembangan dari WPA.
• WPA dianggap lebih aman karena sulit ditembus
dengan metode sederhana.

Untuk konfigurasinya, pertama masuk ke Wireless > Security Profile.Klik Add, kemudian isi Name sesuai kebutuhan, disini saya beri nama WPA dan Mode nya dynamic keys saja.Kemudian isi juga password untuk WPA ini (bebas) di kolom WPA Pre-Shared Key dan WPA2 Pre-Shared Key

Kemudian, pada router AP kita masuk ke Interface wlan1 dan ubah security profile yang sudah kita buat tadi.

Jangan lupa lakukan hal yang sama yaitu buat security profile juga di Router Station, kemudian koneksikan ke SSID Router AP.


Oke, itulah untuk Konfigurasi WEP dan WPA di MikroTik, untuk selanjutnya Admin akan membahas untuk 802.11n specific settings.Sekian, kalau ada yang ingin ditanyakan bisa langsung ketik di kolom komentar.Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Share This Article :
Namorz

Namorz merupakan Website yang membahas trik-trik seputar Internet dan IT

1797601885339958950