-->
NGx4MaBdNGt5MGNaLGp8LWp8NSMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

Konfigurasi Nstreme, NV2, dan VAP di MikroTik | Wireless Protocol

NAMORZ - Oke, yang selanjutnya ini merupakan lanjutan dari postingan Admin sebelumnya yaitu Konfigurasi Data Rate dan Channel Bonding di MikroTik.Sekarang kita akan mencoba untuk konfigurasi Nstreme, NV2, dan VAP pada bagian Wireless Protocol.Untuk topologinya adalah sebagai berikut :


Nstreme
Sebenarnya sob, Selain menggunakan protokol standart 802.11 untuk konektivitas wireless, MikroTik mengembangkan sebuah protokol baru yang diakui dapat meningkatkan kualitas link perngakat yang terkoneksi. Protokol tersebut yaitu Nstreme dan Nv2 (Nstreme v2). Kedua protokol tersebut merupakan Proprietary Protocol yang mana hanya disupport oleh sesama perangkat MikroTik saja. Untuk koneksi perangkat via wireless terutama koneksi jarak jauh selain menggunakan protokol standart (802.11), kita bisa mencoba memakai protokol Nstreme sebagai alternatif untuk mendapatkan koneksi yang lebih stabil. Selain itu protokol Nstreme sendiri telah dikembangkan lagi dan muncullah Nv2 (Nstreme v2).Dengan demikian, point penting yang dapat kita ambil adalah :
  • Nstreme adalah wireless protocol yang MikroTik's proprietary (protocol yang tidak kompatibel dengan vendor lain), yang digunakan untuk meningkatkan unjuk kerja jaringan wireless point-to-point
  • Hanya bisa diaktifkan di AP dan Client Mikrotik, tidak disupport oleh perangkat wireless brand lain.


Untuk Topologinya adalah sebagai berikut :

Oke, langkah pertama kita harus mengaktifkan si Nstreme ini.Caranya masuk ke Wireless > Interface wlan1 > Advanced Mode > Nstreme > Enable Nstreme > Apply.Jangan lupa aktifkan Nstreme juga pada Router Station sob!

Kalau sudah diganti dan tidak mau running, caranya sobat rubah dulu Band pada AP menjadi B/G/N, lalu koneksikan ulang SSID AP di Station.Selanjutnya coba sobat test bandwidth lagi pada interface wlan di AP dan Station.

NV2
• Nv2 adalah wireless protocol yang dikembangkan oleh MikroTik untuk penggunaan Atheros 802.11 wireless chips.
• Nv2 based on TDMA (Time Division Multiple Access)
• TDMA media access technology mengatasi masalah hidden node, sehingga meningkatkan throughput dan latency khususnya untuk PtMP radio networks.
• Setiap client wireless hanya diperbolehkan melakukan pengiriman data berdasarkan waktu-waktu yang ditentukan secara bergiliran.

Nah, untuk mengaktifkan si NV2 ini caranya kita masuk ke Wireless > Interface wlan1 > Wireless > Wireless Protocol > nv2. Lakukan cara ini di router AP dan Station ya sob!

Kemudian kalau sudah bisa, kita test bandwidth lagi di router AP dan router client dan lihat perbedaannya.

VAP
• Virtual Access Point (VAP) interface digunakan untuk membuat AP tambahan dari satu interface wireless yang ada di mikrotik ibaratnya seperti Hotspot sob!
• Virtual AP dianggap sebagai interface wireless yang independen dan bisa memiliki konfigurasi berbeda : 
– SSID
– Mac-Address 
– IP Address 
– WDS
– Security Profile
• Sedangkan untuk konfigurasi wireless Mode, Band, Frequency serta Nstreme tetap mengambil dari interface wireless master.
• Bisa diibaratkan seperti VLAN di wireless.

Oke, untuk konfigurasinya masuk ke Wireless > Interface > Add > Virtual.

Kemudian masuk ke tab Wireless, nah untuk SSID ini sebenarnya bebas sesuai kebutuhan sob, tapi master interface sobat bisa pilih wlan1 saja, kecuali jika router sobat memilik 2 wlan, maka bisa pilih yang mana yang ingin dipakai.

Disini Admin juga melakukan percobaan mengenai berapa limit dari VAP yang bisa kita buat, dan ternyata limitnya adalah 128 VAP sob! jadi nanti ketika sobat mau test juga berapa banyak, saat pembuatan VAP ke 128 akan muncul pemberitahuan seperti dibawah ini

Oke, mungkin itu aja sih yang bisa Admin share ke sobat.Sampai ketemu di beberapa postingan selanjutnya yang pastinya berhubungan dengan MikroTik dan sayang untuk dilewatkan! Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!
Share This Article :
Namorz

Namorz merupakan Website yang membahas trik-trik seputar Internet dan IT

1797601885339958950